Thursday, February 08, 2007

Resize UNDO TABLESPACE (1)

Pagi tadi Server(GNU/Linux) di kantorku terasa lambat banget, setelah di cek ternyata ada partisi hardisk yang hampir penuh (Low free space). setelah dicek lebih lanjut ternyata ada file undotbs01.dbf (milik oracle) yg gede banget ukurannya (lebih dari 10 GB). file itu adalah file UNDO TABLESPACE untuk database Oracle.

Mungkin karena sudah lumayan lama, jadi file tersebut membengkak. Pertama saya mencoba untuk mengecilkan file tsb dgn perintah :

ALTER DATABASE DATAFILE '/path/to/datafile' RESIZE 500M;
Tetapi ternyata perinta tersebut tidak dapat bekerja seperti yang saya inginkan alias ada error :) Mungkin karena file undotbs01.dbf masih digunakan oleh system, saya coba cari-cari artikel di internet, tanya pada mbah Google :) kebanyakan pada bilang kalo UNDO TABLESPACE tidaK bisa di-resize, tapi bisa ditambain file-nya dengan nama lain. jadi UNDO TABLESPACE akan terdiri dari beberapa file.

Aku masih ingin tahu gimana caranya resize atau kalau bisa file-nya cukup satu aja, maklum storage server di kantorku sudah hampir habis. daripada bete karnea cari-cari ga nemu-nemu akhirnya saya chating aja dengan teman-teman :D

Masih melanjutkan bagaimana caranya me-resize file UNDO TABLESPACE (biar lebi singkat, TABLESPACE saya ganti TBS) yang tadi pagi belum kelar, tadi sehabis sholat dzuhur tiba-tiba kepikiran caranya, yaitu membuat file UNDO TBS kedua untuk transisi aja, dan ternyata berhasil :)

No comments: