Friday, February 23, 2007

Hosting eMail di Google

Hari ini saya mencoba menggunakan layanan baru dari Google yaitu Google hosting yang dapat diakses melalui http://www.google.com/hosted atau http://www.google.com/a/ . memang hebat google ini, semakin banyak saja layanan yang ditawarkan. Di dalam Google Hosting ini ada layanan untuk hosting Web, Email, Calendar dan Chat.

Saat ini saya baru mencoba layanan hosting untuk email saja, caranya cukup mudah karena kita hanya diminta mengubah MX (Mail Exhchange) dari domain kita untuk diarahkan ke MX milik google, daftar MX Googel adalah :
MX Server address Priority
ASPMX.L.GOOGLE.COM. 1
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM. 5
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM. 5
ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM. 10
ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM. 10
ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM. 10
ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM. 10

Untuk mengubagh MX, kita tinggal tambahkan baris berikit di DNS
IN MX 1 ASPMX.L.GOOGLE.COM.
IN MX 5 ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
IN MX 5 ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
IN MX 10 ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM.
IN MX 10 ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM.
IN MX 10 ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM.
IN MX 10 ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM.

Setelah daftar di Google Hosting kita akan mendapat Control Panel untuk mengatur layanan-layanan untuk domain kita, dan asyiknya lagi Google memberi quota 2GB untuk tiap account email yang kita buat untuk domain kita jika menggunakan yang Standard (Free) dan quota 10GB untuk Premium. Interface untuk webmail-nya juga sama dengan punya Gmail.

Dan jika kita ingin mengubah alamat layanan dengan alamat yng kita mau juga gampang, kita cuma diminta membuat Alias atau CNAME untuk sub domain kita yang diarahkan ke Google, contoh untuk layanan email, kita tinggal menambah record di DNS :
mail IN CNAME ghs.google.com.

dengan demikian kita tinggal mengakses webmail kita dengan http://mail.domainkita.com saya sudah mencoba layanan webmailnya di http://mail.penamatics.com Selamat mencoba!

No comments: