Thursday, July 03, 2008

RocketControl DNS

Di kantor saya ada sebuah DNS Server yang menggunakan Bind9, salah satu servernya ada di datacenter dengan share bandwidth. Saya biasanya melakukan control Bind9 tersebut via SSH, tetapi kalo traffic lagi padat, masalah mulai muncul, mau ngetik command aja lambat dan ga responsif, kebetulan servernya menggunakan GNU/Linux sebagai sistem operasinya. Dengan masalah tersebut kadang-kadang bikin saya kesel juga, sering putus koneksi saat melakukan editing dengan mengunakan vim.

Akhirnya saya kepikiran untuk mengontrol Bind9 tersebut menggunakan web, dan untungnya sudah ada aplikasinya yang menggunakan PHP dan MySQL, banyak sekali pilihan aplikasi control DNS, setelah beberapa kali mencoba akhirnya saya menggunakan RocketControl DNS yang dapat di-download di r00tshel. RocketControl DNS sangat simple dan mudah digunakan.

No comments: