Wednesday, March 01, 2006

RHEL3 in SunFire x4100

Saya coba Install RHEL3 d Server SunFire x4100, sebenarnya Server ini mempunyai processor AMD Opteron 64-bit, tapi saya coba paksa install RHEL3 i386 yg berarti 32-bit, gpp lah, soalnya belum punya cd RHEL yang 64-bit, nyari di toko CD juga tidak ada.

Memang sech kalau mau pake RHEL harus beli lisensi, tapi saya kan cuma buat belajar saja he..he... Akhirnya download iso-nya di UB's Red Hat Enterprise Network, ternyata ada 5 file iso alias ada 5 CD, lumayan berat untuk koneksi kantorku yang cuma 64Kbps, saya juga ga tahu berapa hari waktu yang dibutuhkan untuk download sampai kelar.

Yang jadi masalah sekarang adalah pada saat Installasi RHEL3 yg 32 bit tidak terdeteksi adanya SCSI Disk punya SunFire x4100, katanya sech SCSI drivernya model baru, jadi baru bisa terdeteksi di RHEL 4 Update 2, tapi di Resoure CD SunFire x4100 sudah disediakan Image File untuk SCSI Driver, filenya di "support/update_media/rhel3/32/driverUpdate.img". Jadi file ini harus di-burn dulu pake perintah cdrecord, masukkan Resource CD SunFire x4100 ke dalam CDROM

# mount /mnt/cdrom
# cp /mnt/cdrom/support/update_media/rhel3/32/driverUpdate.img /tmp
# cdrecord dev=/dev/cdrw /tmp/driverUpdate.img

Saya heran setelah proses cdrecord selesai, ternyata cd-nya tidak bisa dibaca ataupun di-mount, saya coba di MS WIndows juga tidak terbaca, saya kira ada yang error pada saat burning, saya coba burning lagi, tapi hasilnya sama, saya tidak tahu kenapa.

Kemudian saya mulai installasi RHEL3, seperti biasa, booting dari CD #1, pada saat muncul boot prompt ketik aja linux dd

boot: linux dd [enter]

Proses instalasi berlangsung seperti biasa, bedanya cuma ada dialog agar kita memasukkan Disk Image, lalu saya masukkan CD hasil burning tadi ke dalam cdrom, dan ternyata SCSI-nya skarang ke-detect. Habis itu tinggal ikuti saja proses installasinya, sebenarnya SunFire x4100 sudah menyediakan CD "Sun Installation Assistant for Linux" tapi cuma RHEL dan Suse ENterprise 64-bit aja yang disupport, info lengkap bisa dibaca di sini.

No comments: