Wednesday, March 08, 2006

gcc x86_64

Ini kali pertama saya berhadapan dengan GNU/Linux di mesin SunFire x4100 dengan dual processor AMD Opteron 64, ternyata agak beda dengan mesin-mesin 32 bit. Masalah yan saya hadapi sekarang adalah saat kompilasi program dari source (tarball).

Di GNU/Linux ini C Compiler memakai gcc, tapi ternyata ada juga gcc32, mungkin gcc32 untuk yang 32 bit ya? saat melakukan kompilasi memakai gcc hampir semuanya failed, saat melakukan configure saja sudah error, kemudian saya coba memakai gcc32, ternyata ada sebagian yang jalan, saya tidak tahu kenapa. Bukankah Processor-nya 64 bit, OS-nya juga 64 bit, tetapi kenapa saat melakukan kompilasi mengunkana gcc banyak yang error?

Sebagian ada yang jalan saat di-compile dengan menggunakan gcc32 dan menggunakan option "--host=x86_64-unknown-linux-gnu". Yang ada dalam benak saya adalah apakah file binary hasil dari kompilasi dari gcc32 itu menjadi 64 bit?. Saya akan coba cari tahu hari ini.

No comments: