Wednesday, March 21, 2007

Ubuntu 6.06.1 LTS Server

Kemarin Hardisk di Server Development Kantor saya mengalami crash, logical partition yang berisi data-data aplikasi dan database tidak dikenali oleh System (Linux Redhat 9). memang sech udah lama banget server ini running. hampir 5 tahun server ini setia mnemani para developer untuk membangun aplikasi, sistem operasinya juga udah kadaluarsa hehehe...

akhirnya saya coba recover data dan fix partition HD dengan menggunakan Stella Phoenix Thanks to Hendra yang telah memberikan clue. kemudian untuk meremajakan kembali Sistem Operasi, saya memilih Ubuntu Server 6.06.1 Dapper Drake yang dapat di download secara gratis di http://ubuntu.indika.net.id/ubuntu-releases/dapper/

Saya memilih yang Dapper karena di release ini Supportnya panjang (LTS) jadi untuk ubuntu release ini di-support sampai 5 tahun. di dalam Ubuntu Server ini sudah ada LAMP (Linux ,Apache, Mysql dan PHP) yang dikemas dalam 1 CD. Ubuntu Server ini memang ditujukan untuk server jadi tidak ada GUI/Window Manager. tetapi dengan begitu menjadikan Sistem Operasi ini cukup ringan dan slim. dengan menggunakan Processor Pentium 4 dan RAM 256 MB, Server ini dapat running well dan cukup cepat untuk melayani sekitar 10 client, oYa Ubuntu ini juga saya bikin sebagai File Server dengan menggunakan Samba, Saya cukup puas dengan kinerja server ini, panduan installasi Ubuntu Server Dapper Drake ini dapat dilihat di
http://www.howtoforge.com/perfect_setup_ubuntu_6.06 .

No comments: