Wednesday, August 02, 2006

Mengendarai di malam hari

Mengemudi malam hari jelas harus punya kiat tersendiri. Sebab, kondisi malam hari amat berbeda dengan tatkala mengemudi di siang hari. Indera pengelihatan harus bekerja berat karena intensitas cahaya amat kurang.

Apalagi bila sepanjang perjalanan yang dilalui tak ada lampu penerang jalan sehingga suasana jadi gelap gulita. Mata bisa cepat merasa lelah. Apalagi bagi mereka yang sulit berorientasi dalam kegelapan.

Penglihatan kian diperparah dengan serangan lampu kendaraan yang menyilaukan dari arah berlawanan dalam sepersekian detik. Nah untuk mengurangi gempuran-gempuran sinar dari arah depan ada beberapa kiat sebagai berikut :
  1. Sebaiknya hindari langsung bertatapan dengan lingkaran cahaya lampu. Kalau pun terpaksa, berkediplah untuk mengurangi silau. Sebaiknya menatap ke samping atau mengarahkan pandangan lurus ke depan mobil yang dikemudikan.
  2. Setelah kendaraan dari depan berlalu, usahakan mata cepat beradaptasi dengan berkedip beberapa kali. Dalam upaya ini pengemudi harus ekstra waspada dan konsentrasi penuh. Selanjutnya, jika tak terlihat lagi mobil yang lewat dari depan, gunakan high beam (lampu jauh) untuk membantu pengelihatan dari jarak jauh (dengan catatan didepan tidak ada mobil lain sehingga tidak menimbulkan silau pengemudi lain ).
  3. Jika ada mobil dari arah depan, matikan lampu jauh dan pasang lampu dekat. Saat ingin menikung, gunakan lampu jauh dan jika siang hari bunyikan klakson untuk memberi isyarat. Juga ketika keadaan jalan yang menanjak.
  4. Kiat lain adalah memanfaatkan penuntun di tepi jalan. Misalnya bahu jalan, rambu dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan kacamata khusus untuk mengemudi malam hari dan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.
  5. Dan yg perlu diwaspadai juga adalah :
    • ngantuk
    • sikap meremehkan situasi lalu lintas yg relatif kosong


    Kalo ngantuk..mendingan gak usah jalan deh, kalo perlu berenti, cari tempat ngopi..ngopi dulu dah

    Apalagi tengah malam.. situasi jalan dan lalu lintas, relatif memang lebih kosong tapi jangan meremehkan situasi itu tetep jaga konsentrasi malah saat situasi seperti itu.. kita akan gampang terkaget bila tiba2 ada situasi dan kondisi yg memerlukan reaksi cepat

No comments: