Friday, August 04, 2006

Bulan Rajab

Waktu berjalan terasa berlari, karena begitu cepatnya. Tidak terasa pula sekarang sudah memasuki bulan Rajab, dengan kata lain 2 bulan lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Alhamdulillah.... Segala puji syukur kepada-Mu Ya ALLAH yang telah melimpahkan nikmat yang begitu banyak sampai detik ini.

Bulan Rajab tahun lalu juga merupakan bulan peralihan atau transisi pada manajemen di kantor saya, cepat sekali ya! perasaan baru kemarin. Sekarang coba kita simak ada apa aja di balik bulan Rajab.
  • Barang siapa berpuasa lima hari dalam bulan ini, insyaallah permintaannya akan dikabulkan.
  • Barang siapa berpuasa tujuh hari dalam bulan ini, maka ditutupkan tujuh pintu neraka Jahanam dan barang siapa berpuasa lapan hari maka akan dibukakan delapan pintu syurga.
  • Barang siapa berpuasa lima belas hari dalam bulan ini, maka ALLAH akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menggantikan kesemua kejahatannya dengan kebaikan, dan barang siapa yang menambah (hari-hari puasa) maka ALLAH akan menambahkan pahalanya.

Tetapi ada pula kesimpulan dari perkataan para ulama' yang menyatakan:
Tidak boleh mengkhususkan puasa di bulan Rojab sebagai pengagungan terhadapnya. Sedangkan apabila seseorang telah bterbiasa / rutin berpuasa sunnah (puasa Daud atau Senin Kamis misalnya, baik di bulan Rojab maupun tidak) dan tidak beranggapan sebagaimana anggapan salah masyarakat awam sekitarnya, maka ini diperbolehkan.

No comments: