Thursday, February 23, 2006

Memberi

Pernah kubaca sebuah renungan keagamaan di sebuah majalah. Sangat menyentuh hati. Inilah untaian kata-kata tersebut. "Saat kau susah sebaiknya engkau memberikan rejekimu kepada orang lain". Dengan perbuatanmu itu maka sebenarnya engkau menolong dirimu sendiri karena Tuhan akan menyaksikan apa yang kau kerjakan itu.

Kalimat tersebut membuatku sadar bahwa manusia memang sering lupa. Saat kesulitan uang maupun dalam kesedihan orang akan berusaha keras irit mengeluarkan uang untuk diri sendiri. Apalagi buat orang lain terutama para fakir miskin. Tetapi justru itulah tantangannya. Ketika kita kekurangan uang maka kita seharusnya memberi pada orang yang kehidupannya lebih buruk daripada kita. Niscaya Tuhan akan memberikan rejeki berlimpah kepada kita atas perbuatan itu.

Namun kita harus melakukannya secara ikhlas dan sepenuh hati. Jangan berharap balasan datang seketika. Saat memberi pasti kita akan merasa bahagia. Kita akan gembira melihat orang berkesusahan terlihat bahagia saat kita mengulurkan tangan kepadanya. Andaikan semua orang berbuat hal seperti itu pasti dunia ini akan damai karena tidak ada orang berbuat jahat saat dirundung kesedihan.

No comments: