Wednesday, June 11, 2008

GIS di Linux

Sistem Informasi Geografis atau SIG, tapi istilah kerennya GIS :D main banyak diimplementasikan, dan tak ketinggalan pula dari Komunitas Open Source juga sudah ada aplikasinya, yang sekarang saya coba ada lah dengan menggunakan Mapserver dan pmapper sebagai framework-nya.

Bagi pengguna MS Windows, Mapserver sudah menyediakan paket MS4W yang didalamnya ada Apache,PHP, Mapserver dan mapscript, tetapi bagi pengguna Linux, harus melakukan instalasi secara terpisah. Instalasi di Linux keluarga Debian sangat mudah karena sudah ada di repository, tetapi sayangnya mapscript dari repository tidak bisa digunakan untuk CGI PHP dan hanyan bisa digunakan untuk LoadModule PHP di apache.

Jadi saya harus melakukan kompilasi untuk masing-masing software GIS tsb, setelah googling beberapa saat saya menemukan banyak link untuk dijadikan panduan instalasi, karena saya memakai Ubuntu Linux jadi say apilih aja link-link yang berkaitan dengan Debian atau Ubuntu, link tsb antara lain :

https://wiki.ubuntu.com/UbuntuGIS
http://nona.net/article/linux/mapscript_compile/
http://svn.pmapper.net/trac/wiki/MapServerInstall
http://svn.pmapper.net/trac/wiki/DocQuickinstall
http://svn.pmapper.net/trac/wiki/PmapperPackages

Untuk Linux keluarga Redhat seperti Fedora, Mandriva dll juga sudah disediakan paket binary dalam bentu RPM yang dapat di download dari

http://mappinghacks.com/rpm/fedora/3/

Tetapi saya belum mencoba paket-paket tsb diinstall di Linux, karena biasanya terbentur masalah dependencies

No comments: