Friday, June 15, 2007

Quran di YM


Sebagai pengguna internet, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan program Instant Messaging sperti Yahoo Messenger. Yahoo Messenger atau biasa temen-temen menyingkat dengan istilah YM ini sangat terkenal untuk chating, voip, conference dan webcam. Dan juga banyak sekali program Bot yang dapat digunakan untuk Account YM.

Screenshot window Chat Yahoo Messenger dengan quran.noble.

Salah satunya adalah quran.noble, dengan menambahkan account quran.noble di dalam daftar kontak kita maka kita dapat mencari terjemahan Al-Quran dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara menambahkan Yahoo-id quran.noble ke dalam daftar kontak YM kita, misalkan dari menu Contact->Add a Contact kemudian kita ketik" quran.noble" di dalam field "Type the person's Messenger ID or email address".

Selanjutnya kita dapat melakukan chat dengan quran.noble untuk mendapatkan terjemahan Al-Quran, misalnya jika kita ingin terjemahan surat Al-Fatihah ayat 3, cukup ketik "id 1:3" tanpa tanda petik, id 1:3 berarti kita request Surat 1 ayat 1 dalam bahasa Indnesia, jumlah ayat jga bisa lebih dari 1, misalnya ingin Surat Al-Fatihah ayat 1-5 tinggal diketik ""id 1:1-5" maka quran.noble akan menjawab yang berisi terjemahan Surat Al-Fatihah ayat 1-5. kaloau tidak hafal nomer surat bisa juga di tulis dengan huruf, misalnya "id An-Nas:1-6". kata "id" bisa diganti dengan "en" atau "ar", "en" untuk versi english dan "ar" untuk veri arabic. Kalau ingin tahu perintah-perintah lebih lanjut tinggal ketik aja "help" dan kirim ke quran.noble lewat chat.

No comments: